Aklamasi, Muchlis Kembali Pimpin Ansor Probolinggo

Probolinggo, NU Online
Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (PC GP) Ansor Kabupaten Probolinggo, Ahad (30/12) menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) di Pendopo Kabupaten Probolinggo. Dalam konfercab tersebut, Muchlis kembali terpilih secara aklamasi sebagai Ketua PC GP Ansor Kabupaten Probolinggo masa khidmat 2018-2022.

Dengan terpilihnya Muchlis, maka lelaki asal Desa Patokan Kecamatan Bantaran ini akan memimpin PC GP Ansor Kabupaten Probolinggo untuk periode yang kedua. Pasalnya sebelumnya, Muchlis juga memimpin PC GP Ansor Kabupaten Probolinggo untuk masa khidmat 2014-2018.

Dari 11 pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC), 9 (sembilan) PAC sepakat memilih Muchlis untuk kembali memimpin PC GP Ansor Kabupaten Probolinggo. Sementara 2 (dua) PAC tidak memiliki hak suara karena belum mengadakan Konferensi Anak Cabang (Konferancab) GP Ansor.

Meskipun awalnya sempat berkeinginan untuk tidak maju lagi supaya ada regenerasi, tetapi Muchlis pun tidak mampu menolak amanah yang diberikan oleh para pengurus PAC se-wilayah PC GP Ansor Kabupaten Probolinggo.

“Terima kasih atas amanah yang diberikan oleh rekan-rekan semua. Mohon doa dan dukungan serta kerja samanya supaya saya mampu menjalankan amanah untuk kedua kalinya ini dengan sebaiknya-baiknya,” katanya.

Menurut Muchlis, GP Ansor merupakan wadah untuk berproses serta belajar berorganisasi. Serta sebagai wadah untuk berjuang dan mengabdikan diri kepada agama Islam dan Bangsa Indonesia. 

“Tujuan kita jelas menjaga harkat dan martabat ulama, menjaga keutuhan NKRI serta menjaga dan mengembangkan ajaran Islam Ahlussunnah wal Jamaah, (Aswaja),” tegasnya.

Muchlis menambahkan bahwa tugas GP Ansor Kabupaten Probolinggo ke depan akan semakin sulit. Terutama karena di tahun 2019 ada momentum agenda politik pemilu. Oleh karena itu seluruh kader GP Ansor dan Banser agar selalu kompak dan bekerja keras dalam membesarkan organisasi.

“Mari bersama-sama menjalankan amanah ini dengan baik. Semangat kebersamaan harus menjadi dasar perjuangan kita. Jangan sungkan memberi kritikan yang konstruktif untuk kemajuan organisasi yang kita cintai ini,” pungkasnya.

Sementara Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas menyambut gembira Muchlis kembali terpilih sebagai Ketua PC GP Ansor Kabupaten Probolinggo. Karena menurutnya Muchlis adalah sosok yang ramah dan mudah akrab dengan berbagai kalangan. Serta dinilai telah membawa perubahan besar di tubuh Ansor GP Ansor dengan beragam prestasi dan pencapaian yang telah diraih.

“Kami yakin Mas Muchlis mampu membawa kejayaan bagi GP Ansor di Kabupaten Probolinggo, seperti yang telah selama ini ia buktikan di periode sebelumnya,” katanya.

Konfercab GP Ansor Kabupaten Probolinggo tersebut juga dihadiri oleh Satkornas Banser H Alfa Isnaini, Penasehat GP Ansor Provinsi Jawa Timur H Hasan Aminuddin dan Ketua PW GP Ansor Provinsi Jawa Timur H Moh Abid Umar. (Syamsul Akbar/Abdullah Alawi)
Artikel ini telah terbit di: Nu.or.id dengan judul: Aklamasi, Muchlis Kembali Pimpin Ansor Probolinggo