Banser Ansor Kabupaten Malang Laporkan Ustaz Penebar Ujaran Kebencian Saat Ceramah

Nahdliyin.id - Banser dan Gerakan Pemuda Ansor serta jajaran yang tergabung dalam Badan Otonom (Banom) dari Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Malang melaporkan seorang ustaz asal Pasuruan ke Polres Malang pada, Sabtu 5 Januari 2019 atas penghinaan yang dialamatkan kepada KH. Ma'ruf Amin.

Husnul Hakim yang juga sebagai Ketua GP Ansor Kabupaten Malang mengatakan: "Kejadian tersebut bermula pada September 2018 lalu di Desa Kidal, Tumpang, Malang. Seorang Ustadz bernama Sa'adullah Basuni telah melakukan ujaran kebencian, dia menghina NU, menghina Banser dan menghina Kiai Haji Ma'ruf Amin," ucapnya.

Husnul pun melaporkan dengan disertai video berdurasi 2 menit lebih ke Polres Malang sebagai bukti ujaran kebencian yang dilakukan oleh Sa'adullah saat melakukan ceramah.

"Dia telah menghina Kiai Ma'ruf sebagai PKI dan sebagainya, menyudutkan ras dan agama tertentu. Maka dari itu dalam laporan kita akan lampirkan video ceramah sebagai barang bukti," lanjut Husnul.

GP Ansor juga telah menyiapkan saksi yaitu anggota Banser yang saat itu berada di lokasi ceramah sa'dullah.

Hingga video ceramah dengan ujaran kebencian tersebut menjadi viral di media sosial.

"Banser ansor Malang sudah berkoordinasi dengan GP Ansor Pasuruan, karena tempat tinggal sa'dullah di pasuruan sedangkan ceramah dengan ujaran kebencian ini terjadi di Malang, maka kami akan melaporkan ke Polres Malang"

Harapannya , supaya sa'dullah sebagai ustaz yang bersangkutan mengedepankan ilmu dalam ceramah. Tidak mencederai yang lainnya. Indonesia adalah negara hukum. Maka proses hukum harus berjalan, Ucap Husul. (*)

Last Updated on by