Bendera Banser Berkibar di Kedalaman Laut Sulawesi Selatan

Pangkep,  NU Online
Setidaknya tujuh personil Barisan Ansor Serbaguna atau Banser Pulau Pamantauan, Kecamatan Liukang Kalmas,  Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan melakukan penyelaman di tengah laut lepas. Pada kesempatan itu juga dipasang sekaligus dikibarkan bendera Banser.

Kegiatan dipimpin Ketua Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor, Syech Abdul Aris. Perjalanan dimulai dari Pelabuhan Pangkep menuju kepulauan dengan menggunakan perahu motor yang ditempuh selama kurang lebih dua jam. 

"Tujuan penyelaman dan pemasangan bendera Banser di bawah laut adalah untuk menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara maritime,” kata Syech Abdul Aris, Kamis (3/1). 

Menurutnya, Indonesia kaya sumber daya alam yang demikian melimpah sekaligus komoditas pariwisata yang menawan. “Sehingga diharapkan kegiatan ini bisa menunjukkan bahwa Banser siap merawat lautan dan sumber dayanya yang indah dan melimpah," ungkapnya.

Baca Juga:  Banser yang Luar Biasa

Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Pangkep, Sofyan Thalib menambahkan Banser sekarang sudah ada satuan khusus Banser Maritim. “Yang salah satu tugas pokok fungsinya adalah ikut menjaga, merawat dan memelihara sumber daya laut dan habitat lingkungan sekitarnya,” jelasnya. Hal itu demi memastikan semua tetap alami, sehat dan lestari, tidak dirusak oleh manusia tidak bertanggung-jawab, lanjutnya.

Banser Pangkep akan membuat program yang sejalan dengan pemerintah. “Salah satunya adalah penanaman pohon bakau dan pembuatan terumbu karang sebagai tempat ekosistem ikan dan burung disekitar pantai," tambah Ustadz Burhan selaku tokoh setempat. (Herry B/Ibnu Nawawi)
Artikel ini telah terbit di: Nu.or.id dengan judul: Bendera Banser Berkibar di Kedalaman Laut Sulawesi Selatan

Baca Juga:  Dari Syekh Yusuf, Nelson Mandela, hingga Gus Dur

Last Updated on by