Cara Membasuh Muka yang Benar Saat Berwudlu

Salah saatu rukun wudlu atau bersuci menghilangkan hadast kecil adalah membasuh muka, tetapi cara membasuhnya tidak sembarang melainkan ada tata caranya.
Diantaranya, air yang digunakan saat membasuh muka adalah air thahir muthahir (air suci yang dapat digunakan untuk mensucikan), Sedangkan dalam pelaksanaannya alirkan air ke muka sampai merata keseluruh wajah.
Adapun batasan wajah yang harus dicuci adalah tempat tumbuhnya rambut untuk bagian atas wajah dan dagu untuk bagian bawahnya, sedangkan untuk batasan sisi kanan dan kiri adalah daun telinga.

Dan untuk orang yang berjenggot atau berjampang lebat maka diharuskan mensela-selakan jari ketika membasuh muka, dan disunnahkan untuk orang yang berjenggot dan berjampang tipis.
Membasuh muka wajibnya hanya sekali basuhan sampai merata dan disunnahkan membasuhnya sampai tiga kali usapan, kesunnahan yang lainnya adalah sewaktu membasuh muka disunnahkan membaca do’a sebagai berikut:
اَللَّهُمَّ بَيِّضْ وَجْهِى يَوْمَ تَبْيَضُّ وُجُوْهٌ وَتَسْوَدُّ وُجُوْهٌ
Artinya:“Ya Allah, semoga Engkau memutihkan wajahku pada hari dimana putihnya sebagian wajah-wajah dan hitamnya sebagian wajah-wajah yang lainnya.”

Baca Juga:  Dari Hijrah Fest Menuju Hijrah Face to Face

Artikel ini telah terbit di: Islami.co dengan judul: Cara Membasuh Muka yang Benar Saat Berwudlu

Last Updated on by