Kelanggangan NKRI Harus Dimulai dari Komitmen Pemuda

Nahdliyin.id, Mataram – Deputi Pengembangan Pemuda di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI Asrorun Ni’am Sholeh mengatakan, pemuda Indonesia memiliki tanggung jawab untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang majemuk dan meneguhkan keragaman masyarakat yang ada.

“Karena elemen terbesar bangsa ini adalah pemuda. Cita-cita untuk meneguhkan kelanggengan NKRI harus dimulai dari komitmen pemuda,” kata Asrorun di Halaman Masjid Hubbul Wathon Mataram, Kamis (23/11).

Ia meminta agar masyarakat tidak larut di dalam perbedaan yang ada. Baginya, perbedaan-perbedaan yang ada tersebut seharusnya dijadikan sebagai kekuatan. Untuk mempertahankan NKRI, pemuda harus didorong untuk melakukan hal-hal yang positif dan bermanfaat.

“Jauhi narkotika. Narkotika akan melemahkan sendi-sendi bangsa dan negara. Yang paling disasar dalam peredaran narkotika adalah pemuda,” tuturnya.

Diantara hal-hal untuk mendorong pemuda agar melakukan kegiatan yang positif adalah dengan memenuhi hak dasarnya, memberikan akses pendidikan, kesehatan, sosial, dan kerja.

“Semangatnya bukan kompetisi untuk saling menjatuhkan, tetapi semangatnya kolaborasi saling mendukung,” jelasnya. (Muchlishon Rochmat)

Sumber: Nu.or.id

About Nahdliyin Online 788 Articles
Moderator