Pererat Ukhuwah, PCNU Banyumas Gelar Tarling

Nahdliyin.id, Banyumas – Mengisi kegiatan bulan Ramadhan 1439 H, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Banyumas mengadakan kunjungan atau turba (turun ke bawah) ke sejumlah masjid dan mushalla di wilayah Kabupaten Banyumas.

Turba perdana yang diisi dengan buka bersama dan tarawih bersama serta tausiyah dari kiai setempat itu digelar Selasa, (22/5) malam di Masjid Baiturrahim Desa Pasiraman Kidul Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Ketua PCNU Banyumas H Sabar Munanto mengatakan, kegiatan tarawih keliling (Tarling) merupakan ajang silaturahim antara warga nahdliyin Banyumas dan pengurus PCNU Banyumas.

“Dengan tarling kita bisa bertemu dan saling bersilaturahmi serta mempererat ukhuwah dan ikatan tali persaudaraan antar sesama nahdliyin,” kata H Sabar.

Sabar Munanto juga menjelaskan, ada dua macam tugas dalam organisasi. Pertama tugas ibadah, Yaitu menjalankan organisasi dengan ikhlas, semata-mata hanya untuk beribadah kepada Allah SWT.

“Kedua, tugas risalah, yakni menyampaikan ilmu kepada masyarakat,” lanjut H Sabar.

Selain melakukan kegiatan buka bersama dan tarling, pada kesempatan itu juga Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Banyumas memberikan bantuan berupa paket sembako kepada para jamaah dan warga Desa setempat.

Afifudin Idrus, Devisi Penyaluran bantuan LAZISNU Banyumas menjelaskan. Pemberian bantuan tersebut merupakan bukti nyata kepedulian NU kepada masyarakat.

“Selama Ramadhan, ada ratusan paket sembako yang dibagikan kepada masyarakat, dan itu tersebar ke Desa-Desa di Kabupaten Banyumas,” jelasnya.

Hadir pada kesempatan itu, Ketua PCNU Banyumas, MWC NU Pekuncen, Ranting NU Pasiraman Kidul, beberapa perwakilan lembaga NU Banyumas, serta ratusan warga dan jamaah masjid Baiturrahim Pasiraman Kidul Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas. (Kifayatul Ahyar/Muiz)
Sumber : Nu.or.id

About Nahdliyin Online 1201 Articles
Moderator